Minggu, 05 Juni 2011

Flu, Influenza



Definisi
Flu adalah infeksi saluran napas akut yang disebabkan oleh virus influenza. Sebagian besar flu merupakan penyakit ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun pada kelompok orang dengan faktor risiko tertentu, flu dapat menjadi penyakit berat dan bahkan terjadi komplikasi.
Antibiotik tidak diperlukan dalam pengobatan flu.

Gejala
Gejala flu meliputi:
  • Demam (suhu badan > 37,5 C)
  • Batuk
  • Pilek (hidung meler atau mampet)
  • Menggigil dan berkeringat
  • Sakit kepala
  • Pegal-pegal, nyeri punggung (seluruh badan dapat terasa pegal-pegal)
  • Merasa lemas (fatigue)
Gejala flu tersebut menyerupai gejala common cold. Namun pada flu, keluhan demam, pegal-pegal dan sebagainya dirasakan lebih berat bila dibandingkan dengan common cold.

Penyebab
Flu disebabkan oleh infeksi virus influenza. Flu merupakan penyakit menular yang ditularkan melalui partikel-partikel kecil saat penderita batuk/bersin. Ketika seorang penderita flu batuk, bersin, atau berbicara, ia mengeluarkan partikel-partikel kecil yang mengandung virus ke udara (disebut droplets). Kita bisa tertular apabila kontak dengan penderita dan menghirup droplets tersebut.
Virus influenza terdiri dari banyak strain, di antaranya flu burung (avian influenza) dan flu babi (swine flu) yang pernah menjadi wabah.

Faktor Risiko Terjadinya Flu Berat
Sebagian besar flu merupakan penyakit ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun pada orang dengan faktor risiko tertentu, flu dapat berpotensi menjadi penyakit berat. Adapun faktor risiko tersebut adalah :
1.      Orang dengan daya tahan tubuh yang rendah. Orang dengan daya tahan tubuh yang rendah adalah orang yang menderita kanker, mendapatkan pengobatan kortikosteroid, dan orang dengan HIV/AIDS.
2.      Orang yang menderita penyakit kronik. Yang termasuk penyakit kronik adalah asma, diabetes, penyakit jantung, dan lain-lain.
3.      Ibu hamil.
4.      Bayi usia di bawah 6 bulan.

Komplikasi
Jika tubuh kita sehat (daya tahan tubuh kuat), flu bukanlah penyakit serius. Namun jika kita termasuk dalam kelompok orang dengan faktor risiko (seperti yang telah dijelaskan di atas), komplikasi dapat terjadi. Adapun komplikasi flu adalah :
1.      Pneumonia (radang paru)
2.      Bronkitis
3.      Sinusitis (radang sinus)
4.      Radang telinga (otitis)

Mengatasi Flu di Rumah
Apabila anda mengalami flu, tips berikut ini dapat anda lakukan di rumah :
1.      Minum yang banyak. Kecukupan cairan dapat mencegah dehidrasi dan mempercepat pemulihan. Minumlah air putih, teh, atau jus.
2.      Istirahat. Istirahatlah yang cukup dan tidur lebih lama bila diperlukan. Istirahat sangat membantu tubuh untuk meningkatkan daya tahan melawan infeksi virus.
3.      Minum obat flu yang dijual bebas. Anda dapat membeli obat flu yang dijual bebas dan minum sesuai aturan pakai dan waspadai efek samping/kontra indikasi yang ada di petunjuk aturan pakai. Apabila flu dirasakan terasa berat dan tidak membaik, segeralah ke dokter. Khusus pada anak, obat flu tidak dianjurkan.

Konsultasi ke Dokter
1.      Apabila anda sakit flu, dan termasuk dalam kelompok orang dengan faktor risiko terjadinya komplikasi, sebaiknya anda segera berobat ke dokter.
2.      Apabila flu tidak membaik dengan istirahat dan minum obat flu, sebaiknya anda konsultasi lebih lanjut dengan dokter.
3.      Apabila anda merasa flu anda terasa berat dan ada kemungkinan terjadi komplikasi, segeralah ke dokter.

Pencegahan
1.      Jaga pola hidup bersih dan sehat dengan makan makanan bergizi seimbang, istirahat/tidur yang cukup dan olah raga teratur.
2.      Biasakan cuci tangan dengan teratur menggunakan air dan sabun atau hand rub (terutama setelah kontak dengan orang yang sedang flu atau permukaan benda/lingkungan yang mungkin terkontaminasi)
3.      Hindari kontak yang terlalu dekat dengan orang yang sedang flu (kontak yang terlalu dekat adalah kontak dengan jarak kurang dari 1 meter)
4.      Hindari menyentuh mulut atau hidung anda setelah kontak dengan orang yang sedang flu. Segera mencuci tangan dengan air dan sabun stelah kontak dengan orang yang sedang flu.
5.      Upayakan ventilasi yang cukup dalam ruangan atau rumah anda
6.      Apabila anda sakit dengan gejala flu, gunakan masker, istirahat di rumah, dan hubungi dokter anda.

Referensi
1. http://www.mayoclinic.com/health/influenza/DS00081

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Grafik Emas

Lovely Facebook