Tulisan dihasilkan oleh anak Sekolah Al-Falah. Materi didapatkan melalui penelitian yang dilakukan oleh Creative Center for Childhood Research and Training, Inc. (CCCRT)
Kerjasama:
Dit PADU, Ditjen PLSP, Depdiknas
Sekolah Al-Falah, Jakarta Timur
The Creative Center for Childhood Research and Training, Inc.
TAHAP 1
Coretan awal; coretan acak; coretan-coretan seringkali digabungkan seolah-olah “krayon” tidak pernah lepas dari kertas
TAHAP 2
Coretan terarah; tanda-tanda tertentu (seperti garis-garis atau titik-titik) diulang-ulang; biasanya bentuk lonjong; tanda-tanda itu belum berhubungan.
TAHAP 3
Pengulangan Garis dan Bentuk
TAHAP 4
Berlatih huruf. Anak-anak biasanya sangat tertarik huruf-huruf dalam nama mereka sendiri.
TAHAP 5
Menulis nama
TAHAP 6
Menyalin Kata-kata yang Ada di Lingkungan. Kata-kata yang terdapat pada poster di dinding atau dari kantong kata sendiri.
TAHAP 7
Menemukan Ejaan. Anak usia lima – enam tahun ini telah menggunakan konsonan awal (L untuk Love). Konsonan awal, tengah dan akhir untuk mewakili huruf (DNS) pada kata dinosaurus.
TAHAP 8
Ejaan Baku.
Usaha-usaha mandiri untuk memisahkan huruf dan mencatatnya dengan benar menjadi kata lengkap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar