Rabu, 09 November 2011

Ide Touch Screen Berasal Dari Indonesia

Hal yang cukup mengagetkan memang ketika mendengar dari beberapa blog tetangga tentang ide Touch Screen tersebut, tapi terlepas dari benar atau tidaknya yuuuuk kita simak, artikel dibawah ini....cekidotttt !!!

Layar sentuh atau yang bahasa inggrisnya Touch Screen, Touch Panel atau Touch Screen Panel, adalah sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari atau pena digital. Antara muka layar sentuh, dimana pengguna menggunakan sistem komputer dengan menyentuh gambar atau tulisan dilayar itu sendiri, merupakan cara yang paling mudah untuk mengoperasikan komputer dan kini semakin banyak digunakan dalam berbagai aplikasi.


Layar sentuh banyak digunakan dalam industri manufaktur yang membutuhkan tingkat akurasi yang tinggi, sensitif terhadap sentuhan, dan durabilitas yang sangat tinggi. Namun perangkat layar sentuh juga semakin banyak ditemukan pada perangkat-perangkat teknologi konsumen yang di produksi secara masal misalnya komputer jinjing, alat pemutar musik, dan telepon genggam. Hal ini dimungkinkan karena perangkat layar sentuh dapat dibuat dalam berbagai ukuran tampilan.

Layar sentuh sering dipakai pada kios informasi ditempat-tempat umum, misalnya di bandara dan rumah sakit serta pada perangkat pelatihan berbasis komputer. Sistem layar sentuh tersedia dalam bentuk monitor, yang sudah memiliki kemampuan layar sensitif sentuh dan ada juga kit touchscreen yang lebih ekonomis yang dapat dipasang pada monitor komputer yang sudah ada.

Tapi taukah anda kalau ide Touch Screen ini berasal dari Indonesia? 
Ini lah asal muasal kisah tersebut:
" Konon pada suatu hari seorang ilmuwan dari manca negara makan siang di WARTEG, sang ilmuwan ternyata diam-diam mengamati cara pemesanan makanan yang biasa di lakukan para pembeli di warteg tersebut. Setiap pengunjung yang datang selalu di tanya oleh pelayan warteg,
* Pelayan : "Makan pakai apa? "
* Pengunjung : menempelkan jarinya ke kaca, menunjuk makanan yang ada di balik kaca tersebut.
* Pelayan: "Makan pakai apa lagi?"
* Pengunjung: Menempelkan jarinya ke kaca lagi, dengan posisi jari yang berbeda dari sebelumnya.


* Pelayan: "Makan pakai apa lagi?"

* Pengunjung kembali menunjukan jari nya ke kaca

Dan beberapa detik kemudian, makanan sudah siap disajikan di atas meja pengunjung yang sudah dipersilahkan duduk. Sang ilmuwan terkagum-kagum terhadap teknologi pemesanan makanan yang ada di indonesia ini. Ternyata teknologi diindonesia luar biasa maju nya, sehingga sang ilmuwan pun pulang ke kampung halamannya dengan membawa segudang ide dan menjiplak teknologi kaca sentuh (Touch Glass) tersebut, sehingga tak lama berselang duniapun mengenal teknologi layar sentuh (Touch Screen) yang idenya berasal dari Indonesia, :)

Narasumber: Lukas sinanjaya/Wikipedia/foto-foto matabunglon.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Grafik Emas

Lovely Facebook